Pesawat Tempur Iran, Saeqe, Lulus Uji Terbang

sumber : http://muhsinlabib.wordpress.com/2007/09/21/pesawat-tempur-iran-saeqe-halilintar-lulus-uji-terbang/

saeqe.jpg


Generasi baru pesawat tempur jenis Azarakhsh yang bernama Saeqe akhirnya dinyatakan lulus uji terbang. Kantor berita IRNA melaporkan, pesawat tempur canggih ini adalah hasil produksi bersama Lembaga Industri Dirgantara di bawah Departemen Pertahanan dan Angkatan Udara Republik Islam Iran. Uji terbang pesawat tempur Saeqe dilakukan hari ini dengan disaksikan Menteri Pertahanan Mostafa Mohammad Najjar dan sejumlah perwira tinggi Republik Islam Iran.


Rencananya pesawat tempur Saeqe (yang berartii Halilintar) akan diikutsertakan dalam parade militer Iran hari Sabtu yang digelar untuk mengenang pekan pertahanan suci, dan setelah itu secara resmi akan dioperasikan.

http://syiarislam.files.wordpress.com/2008/03/saeqeh-fighter-plane-test-tehran1.jpg


Setelah menyaksikan keberhasilan uji terbang pesawat tempur Saeqe, Menteri Pertahanan Mostafa Mohammad Najjar mengatakan, jika terjadi serangan musuh, Saeqe layaknya petir akan membumihanguskan pangkalan musuh dengan roket dan bom-bomnya. Dikatakannya, pembuatan Saeqe oleh tenaga ahli dalam negeri adalah contoh nyata dari persatuan nasional bangsa Iran.

Najjar yang menyebut Saeqe sebagai generasi baru pesawat pemburu canggih, mengungkapkan rencana untuk membuat pesawat tempur baru jenis tupolev 100. (IRIB)

News Feed