KUBURAN TANK RUSIA DI AFGANISTAN

MotifViral
Berita Kocak Unik dan Menggelitik

sumber :http://iwandahnial.wordpress.com/2009/05/27/kuburan-tank-rusia-di-afganistan/

TANK 1

Perang Soviet-Afganistan merupakan masa 9 tahun di mana Uni Soviet berusaha mempertahankan pemerintahan Marxis Afganistan, yaitu Partai Demokrasi Rakyat Afganistan, menghadapi mujahidin Afganistan yang ingin menggulingkan pemerintahan Afganistan. Uni Soviet mendukung pemerintahan Afganistan, sementara para mujahidin mendapat dukungan dari banyak negara, antara lain Amerika Serikat dan Pakistan.

Pasukan Soviet pertama kali sampai di Afganistan pada tanggal 25 Desember 1979, dan penarikan pasukan terakhir terjadi pada tanggal 2 Februari 1989.

Uni Soviet lalu mengumumkan bahwa semua pasukan mereka sudah ditarik dari Afganistan pada tanggal 15 Februari 1989. Karena banyaknya biaya dan akhirnya kesia-siaan konflik ini.

Perang Soviet-Afganistan sering disamakan sebagai padanan Uni Soviet dengan Perang Vietnam Amerika Serikat.

Perang ini memiliki dampak yang sangat besar, dan merupakan salah satu faktor leburnya Uni Soviet pada tahun 1991. (Sumber Wikipedia).

Ketika Rusia €__angkat kaki€_ dari Afganistan, mereka banyak meninggalkan peralatan perangnya diantara ratusan tank yang kini telah menjadi besi tua seperti yang nampak pada foto-foto dibawah ini:

TANK 2

TANK 3

TANK 4

TANK 5

TANK 6

TANK 7

TANK 8

TANK 9

TANK 10


Sumber foto :

http://www.artificialowl.net/2008/08/ussr-red-army-tanks-graveyard-east-of.html

Republik Islam Afganistan

Republik Islam Afganistan (Pashtun/Dari-Parsi: Ýԁ_ÝÔ_Ù_ÝÔ_, Af___nist_n) adalah sebuah negara di Asia Tengah, merdeka dari Britania Raya (Inggris) 19 Agustus 1919. Ia terkadang digolongkan sebagai bagian dari Asia Selatan atau Timur Tengah karena kedekatannya dengan Plato Iran. Afganistan berbatasan dengan Iran di sebelah barat, Pakistan di selatan dan timur, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan di utara, dan Republik Rakyat Cina di ujung timur. Afganistan juga berbatasan dengan Kashmir, wilayah yang dipersengketakan oleh India dan Pakistan. Afganistan merupakan salah satu negara termiskin di dunia.

Pada kurun waktu antara tergulingnya rezim pemerintahan Taliban pada 2001 dan Loya Jirga (sidang majelis Musyawarah Tradisional) tahun 2004, dunia Barat menyebut negara ini dengan nama Negara Islam Transisi Afganistan.

Kini, sebuah pemerintahan sementara telah didirikan. Diketuai oleh presiden Hamid Karzai, kebanyakan anggotanya dari Aliansi Utara, dan campuran dari daerah dan kelompok etnis lainnya yang terbentuk dari pemerintahan transisi oleh Loya Jirga. Mantan raja Zahir Shah yang kembali ke negerinya, tak dikembalikan lagi sebagai raja dan hanya menjalankan kekuatan seremonial terbatas.

Di bawah Persetujuan Perjanjian Bonn (Bonn Agreement), Komisi Konstitusi Afganistan didirikan untuk berkonsultasi dengan publik dan pembentukan konstitusi draft. Dijadwalkan meluncurkan draft pada 1 September 2003, komisi itu telah meminta penundaan agar mengerjakan konsultasi lebih lanjut. Pertemuan Loya Jirga (Dewan Agung) konstitusional diselenggarakan pada Desember 2003 saat konstitusi baru diadopsi yang menciptakan bentuk pemerintahan presiden.

Pasukan dan dinas intelijen dari AS dan sejumlah negara lain hadir, beberapa untuk menjaga perdamaian, lainnya ditugaskan memburu sisa Taliban dan al-Qaeda. Angkatan Penjaga Perdamaian PBB memanggil operasi Angkatan Pembantu Keamanan Internasional di Kabul, bermula Desember 2001. NATO mengambil kendali angkatan ini pada 11 Agustus 2003. Kebanyakan negeri tetap di bawah kendali panglima perang.

Pada 27 Maret 2003, Wakil Menteri Pertahanan Afghanistan dan panglima perang yang berpengaruh Jenderal

News Feed