Sudah Kewajiban Warga Menjaga Kebersihan Fasilitas Umum

Jalurpantura.com, Indramayu – Hari minggu [9/7/2017] tidak ada jadwal kegiatan penting, maka kami manfaatkan untuk mengelilingi fasilitas umum di kota kami tinggal, yakni di Taman Cimanuk, Indramayu. Dari namanya saja sudah dapat diterka, bahwa daerah ini lokasinya dekat dengan sungai. Kalau jalan kaki sekitar lebih kurang 10 menit sudah tiba di taman tersebut.

Hanya berjarak sekitar 500 meter saja, ada taman yang dilengkapi dengan bangku. Taman ini sejak pagi sudah penuh dengan pengunjung. Apalagi di musim liburan ini, mereguk secangkir kopi hangat sambil memandangi sungai sungguh merupakan paduan yang mengasyikkan. Bagi yang belum sarapan juga bisa sekalian santap pagi di sini.

Lokasi Bersantai Bersama Keluarga

Bagi yang ingin bersantai bersama keluarga, tidak harus duduk di cafe yang dapat menghabiskan lebih dari 100rb rupiah untuk konsumsi sekeluarga. Cukup membawa bekal dari rumah lalu di makan di sini.

Yang penting sehabis makan harus dibersihkan lagi, sehingga pengguna lainnya dapat memanfaatkan dalam kondisi bersih. Kalau setelah santap bersama keluarga dan ingin duduk berleha-leha, tinggal menggelar tikar di rumput yang apik. Kalau cuma dua tiga orang bisa menggunakan bangku yang disediakan. Semuanya disediakan secara gratis.

Balai Warga

Sejak tinggal di Jakarta, saya tidak pernah lagi mendapatkan undangan untuk pertemuan se RT/RW. Kecuali undangan dari pengelola apartemen, sehingga sama sekali tidak ada kesempatan untuk saling mengenal dengan tetangga.

Nah di Indramayu, kota kecil yang indah ini ternyata masih tetap mempertahankan tradisi pertemuan. Taman ini digunakan sebagai balai warga ketika mendiskusikan segala hal.

Sarana Lumayan Lengkap

Sarana untuk fasilitas umum lumayan lengkap, mulai dari mulai sarana olah raga lari pagi dan bersepeda dan mainan khusus anak anak, serta bangku yang disediakan secara gratis. Justru yang kurang adalah pengguna fasilitas ini  karena penghuninya masih sangat jarang. Malahan yang banyak berkunjung ke taman adalah warga dari daerah pinggiran kota.

Menyaksikan semua fasilitas yang tersedia secara lengkap dan bagaimana warga harus merasa ikut menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan, tentu akan muncul sebuah harapan bahwa kelak menjadi sebuah kewajiban menjaga fasilitas umum. [MP/Diskominfo]