Rusia Kalahkan Arab Saudi 5-0

Jalurpantura.com – Piala Dunia 2018 Rusia resmi dibuka oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden FIFA. Dalam laga perdana timnas Rusia menjalani pertandingan melawan timnas Arab Saudi. Seperti banyak diprediksi oleh pengamat sepakbola bahwa Rusia mampu mengalahkan Arab Saudi.

Tetapi kemenangan Rusia diluar banyak prediksi sebelumnya, Rusia berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor telak 5-0. Pertandingan yang digelar di Stadion Luzhniki tersebut dikuasai oleh timnas Rusia dengan penguasaan bola 62% - 38%.

Rusia berhasil mencetak gol pertamanya melalui Yuri Gazinsky pada menit ke-12 setelah mendapat assist dari A. Golovin. Setelah gol tersebut Arab Saudi mulai berani melakukan serangan kepada Rusia tetapi selalu gagal karena umpan yang salah dan selalu mengoper ke belakang.

Pada menit ke-24 A. Dzagoev digantikan oleh D. Cheryshev. Dzagoev terlihat merintih karena urat paha belakangnya tertarik. Cheryshev tidak butuh waktu lama pada menit ke-43 Cheryshev mampu menjebol gawang Arab Saudi berkat assis R. Zobnin dan kedudukan akhirnya berubah Rusia 2-0 Arab Saudi. Skor tersebut tidak berubah hingga turun minum.

Setelah kick-off babak kedua dibunyikan, Rusia terus melakukan penetrasi ke gawang Arab Saudi. Melihat tidak ada perkembangan Pelatih Arab Saudi menarik !. Otayf digantikan dengan Al-Muwallad pada menit ke-64.

Rusia pun tidak tinggal diam mengganti A. Samedov dengan D. Kuzyayev pada menit ke-64. Dan pada menit ke-70 F. Smolov diganti dengan A. Dzyuba. Kurang dari 1 menit Dzyuba dapat menjebol gawang Arab Saudi melalui assist A. Golovin. Kedudukan pun berubah menjadi 3-0 untuk kemenangan Rusia.

Melihat situasi tersebut Arab Saudi melakukan pergantian pemain Y. Al-Shehri ditarik keluar dan digantikan H. Bahbri pada menit ke-74. Dan pada menit ke-85 M. Al-Sahlawi diganti oleh M. Abu Radeah, tetapi timnas Arab Saudi belum bisa menggedor pertahanan lawan.

Pada menit ke-88 A. Golovin melakukan pelanggaran terhadap pemain Arab Saudi, dia diganjar kartu kuning oleh wasit. Selang beberapa menit Rusia melakukan serangan balik dan di menit 90+1 D. Cheryshev berhasil menjebloskan bola ke gawang Arab Saudi  sehingga kedudukan berubah menjadi 4-0.

Setelah gol tersebut, pemain Arab Saudi terlihat mulai emosi dan T. Al-Jassim melakukan pelanggaran sehingga dia diganjar kartu kuning pada menit ke-90+3. Berkat tendangan bebas A.Golovin ke sudut kiri gawang Arab Saudi akhirnya dia bisa menjebloskan bola ke gawang yang dijaga Al-Maiouf dan skor pun berubah menjadi 5-0 untuk kemenangan Rusia yang bertahan hingga peluit berakhir.

Susunan Pemain Rusia : I. Akinfeev, M. Fernandes, I. Kutepov, S. Ignashevic, Y. Khirkov, Y. Gazinskiy, R. Zobnin, A. Samedov, A.Dzagoev, A. Golovin, dan F. Smolov

Susunan Pemain Arab Saudi : A. Al-Maiouf, Y. Al-Shahrani, O-Hawsawi, O. Hwasawi, M. Al-Berik, A.Otayf, Y. Al-Shehri, T. Al-Jassim, S. Al-Faraj, S. Al-Dawsari, M. Al-Sahlawi.

Penulis : Didno

Foto : REUTERS