Menikmati Wisata Baru Pantai Panjiwa Sumber Mas Kandanghaur Indramayu

Jalurpantura.com – Sejak beberapa bulan terakhir, Indramayu kembali dihebohkan dengan obyek wisata baru yang banyak menarik wisatawan lokal untuk berkunjung ke tempat ini. Setelah beberapa tahun belakangan Pantai Karangsong dan Hutan Mangrove menjadi primadona kini ada obyek wisata baru bernama Pantai Panjiwa Sumber Mas.

Obyek wisata ini baru dibuka pada tanggal 5 Mei 2017 yang lalu. Obyek wisata ini berada di Pesisir Pantai Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Pantai ini terbilang masih asri karena belum lama dibuka dan akses menuju Pantai ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan sepeda motor.

Sementara untuk pengunjung yang menggunakan mobil harus diparkir cukup jauh sekitar hampir 1 km menuju ke Pantai Panjiwa Sumber Mas. Akses menuju obyek wisata ini sebenarnya sangat mudah terutama yang biasa melintasi jalur pantura Indramayu. Kalau dari arah Jakarta setelah SPBU Sumber Mas dan MTs Negeri 4 Indramayu (Dulu MTs Negeri 1 Kandanghaur) Anda tinggal belok ke kiri.

Kurang lebih 300 meter dari jalan pantura menggunakan sepeda motor tinggal belok ke kiri menuju ke Bendungan. Pengunjung harus berhati-hati melintasi jalan ini karena jalannya sempit hanya untuk satu kendaraan sepeda motor.

Setelah itu Anda mengikuti jalan setapak yang belum diaspal di pinggir Sungai. Anda akan disuguhi pemandangan yang indah terutama saat sore hari karena di sepanjang jalan setapak ini terdapat empang dan pohon mangrove dan banyak burung-burung beterbangan di sekitar pohon mangrove dan empang tersebut.

Memasuki daerah Pantai ada penjaga tiket parkir yang dikelola oleh Kompepar Pantai Panjiwa Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur dengan harga yang sangat terjangkau yakni hanya Rp.2.000 saja. Harga tiket yang sangat murah untuk obyek wisata yang ada di Indramayu.

Setelah memarkirkan sepeda motor, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah ke laut lepas. Hamparan pasir yang luas dan pinggir pantai yang masih asri dengan tanaman pohon kelapa yang masih kecil di pinggir pantai menambah keasrian dari pantai ini.

Pihak Kompepar sudah menempatkan beberapa kursi dipinggir pantai untuk istirahat para pengunjung yang juga bisa digunakan untuk menikmati keindahan pantai Laut Jawa bersama keluarga atau orang-orang tercinta.

Di Pantai Panjiwa Sumber Mas ini sudah terdapat mushola dan tempat bilas atau toilet walaupun masih sangat sederhana. Pantai Panjiwa masih beberapa kendala terutama akses masuk ke tempat ini terutama pada saat cuaca hujan maka akan sulit untuk masuk ke tempat ini.

Selain itu masih ada kendala terutama bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan mobil karena lokasinya cukup jauh jika harus berjalan kaki. Tetapi rencananya pengelola akan menyiapkan perahu untuk menuju ke Pantai ini sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan melalui sungai hingga ke Pantai Panjiwa Sumber Mas, demikian diungkap Rusmana Ketua Kompepar Desa Ilir kepada Jalurpantura.com. (Ddo/Foto Ekslusif)