Inilah 15 Tipe Pengguna Facebook

Jalurpantura.com - Media sosial Facebook yang berdiri sejak tahun 2004 ini memang fenomenal. Media sosial ini digunakan lebih dari 1 Milyar pengguna di seluruh dunia. Dengan adanya media sosial facebook ada banyak perubahan tentang perilaku dan kebiasaan manusia terutama pengguna media sosial facebook.

Semula orang sering berbicara atau ngobrol secara langsung, kini bisa dilakukan menggunakan Messenger atau komentar melalui Facebook. Berbagai kegiatan atau aktivitas seseorang bisa dilihat dari update status atau foto yang diunggahnya ke media sosial tersebut.

Suka duka sedih gembira dan semua perasaan hati yang dirasakan akan langsung terpampang di akun facebook mereka. Dari sekian banyak pengguna facebook kita bisa mengelompokkan menjadi beberapa tipe pengguna facebook.

Berikut tipe-tipe pengguna facebook :

  1. Informan (Pemberi Informasi). Pengguna facebook yang selalu memberikan informasi-informasi terbaru kepada orang lain menggunakan media sosial facebook. Tetapi informasi yang disebarkan tersebut ada yang positif dan negatif. Mudah-mudahan tipe pengguna facebook ini selalu menginformasikan hal-hal yang positif kepada pengguna facebook yang lain.
  2. Seller (Penjual). Facebook dimanfaatkan untuk menjual produk atau jasanya kepada pengguna yang lain. Maka tidak heran banyak sekali orang yang memanfaatkan facebook untuk berjualan secara online. Mudah-mudahan jualannya yang halal dan baik-baik saja.
  3. Pengintai. Pengguna facebook ini jarang mengupdate media sosial facebooknya tetapi dia hanya melihat atau mengintai teman-teman facebooknya saja.
  4. Liker (Pemberi Tanda Suka). Pengguna media sosial ini hobinya menjadi penekan tombol like atas update status teman-teman facebooknya yang dianggap dia baik atau sejalan dengan dia.
  5. Gamer. Di facebook kita sering menemukan orang yang suka bermain game, sehingga foto profil, dan update statusnya selalu mengunggah foto-foto saat dia sedang bermain game.
  6. Religius. Pengguna facebook yang satu ini selalu mengunggah atau update di facebook hal-hal yang berhubungan dengan agama atau religi. Tetapi jangan salah belum tentu semua orang yang mengunggah hal-hal berbau religi dalam kehidupan sehari-harinya seperti apa yang dia tulis. Mudah-mudahan tulisannya mencerahkan umat bukan menjerumuskan umat.
  7. Tukang Salin Tulisan Orang Lain. Banyak pengguna facebook yang menyalin tulisan orang lain yang dianggap bagus sebagai kutipan. Dia terkadang lupa memberikan sumber tulisan tersebut sehingga seolah-olah itu merupakan tulisannya.
  8. Hater. Pengguna facebook yang selalu benci atau sinis terhadap keberhasilan orang lain dengan menggunakan kata-kata kasar atau yang tidak mengenakan hati orang lain. Mudah-mudahan tipe pengguna facebook ini segera insyaf karena semua orang tidak ada yang sempurna.
  9. Galau. Sering sekali kita membaca update status orang yang sedang galau di facebooknya. Ada yang memang ingin mendapat perhatian dari orang lain, ada juga yang mencari solusi tetapi tidak sedikit yang hanya ingin dianggap dirinya sebagai penguna yang aktif di media sosial.
  10. Promotor. Pengguna facebook yang selalu mempromosikan acara atau event-event yang akan berlangsung. Selain itu akun ini selalu mempromosikan akun-akun atau pengguna yang dianggap memberi manfaat bagi orang lain.
  11. Komentator. Pengguna facebook ini selalu memberikan komentar kepada temannya yang menulis status. Komentarnya memang beragam ada yang membuat orang lucu, marah atau yang lainnya.
  12. Tukang Lawak. Ada juga pengguna facebook yang mengguna media sosial untuk mengunggah hal-hal yang berbau lucu atau lawakan. Tujuannya tentu agar orang yang membaca atau melihat foto atau memenya menjadi tertawa.
  13. Politikus. Ada juga pengguna facebook yang selalu menulis status mengenai perkembangan politik di Indonesia atau bahkan di luar negeri. Dia biasanya mendukung salah satu pasangan calon baik pada saat pemilu kepala daerah, partai atau bahkan pemilihan presiden.
  14. Tukang Pamer. Ada juga pengguna facebook yang selalu memamerkan aktivitasnya dari mulai makan di tempat menarik, menggunakan baju baru, jalan-jalan ke berbagai wilayah Indonesia atau dunia dan masih banyak lagi lainnya.
  15. Motivator. Ada juga pengguna facebook yang memberikan motivasi kepada orang lain menggunakan kata-kata motivasinya. Padahal saat ada masalah belum tentu dia bisa menjadi motivator untuk dirinya sendiri.

Sebenarnya masih banyak tipe-tipe pengguna facebook yang lainnya. Anda termasuk pengguna facebook yang mana?.

Penulis : Didno

Gambar : Techcrunch