Ini Penyebab Macet di Tol Cikampek yang Berdampak Ke Jalur Pantura dan Cipali

Jalurpantura.com - Setelah banyak pengguna jalan yang memuji keberhasilan pemerintah dalam menangani arus mudik tahun 2018, tiba-tiba sejak semalam hingga hari ini terjadi kemacetan panjang.

Kemacetan ini disebabkan oleh beberapa faktor yang pertama karena memang banyak pemudik yang menggunakan jalan tol maupun pantura, kedua karena terjadi penyempitan jalan di Km 33 tol Jakarta Cikampek, sedangkan ketiga karena rest area di Km 19 tidak mampu menampung jumlah kendaran yang banyak.

Kemacetan di rest area Km 19 mengakibatkan banyak pengendara menghentikan laju kendaraannya dan bertanya kepada petugas. Banyak masyarakat yang menanyakan hal tersebut kepada petugas membuat jalanan semakin macet.

Penyempitan jalan juga diakibatkan karena ada bekas proyek LRT yang belum dibersihkan dari badan jalan sehingga mengganggu kelancaran dari pengguna jalan yang ingin mudi ke kampung halamannya masing-masing.

Banyak pengguna jalan tol yang terpaksa shalat subuh di jalanan karena jalanan benar-benar macet dan tidak bergerak selama beberapa jam. Begitu juga menurut salah satu pengguna jalan Harja Saputra yang mengatakan bahwa dari Depok ke Cikampek sudah 10 jam.

Tidak hanya hanya di tol Jakarta Cikampek tetapi jalan tol Cipali juga mengalami hal yang sama bahkan kemacetan mencapai 42 km. Sehingga siang tadi sempat dilakukan satu arah dari Purwakarta hingga ke Cirebon untuk mengurai kemacetan.

Penulis : Didno

Foto : Polres Indramayu