Ini Cara Mengatasi Tulisan Gerak Sendiri atau Ghost Touch

Jalurpantura.com - Smartphone atau ponsel pintar tentu memiliki beberapa masalah saat digunakan selama beberapa bulan atau tahun. Salah satunya adalah ketika akan mengetik sesuatu di layar tetapi tiba-tiba tulisan di layar gerak sendiri tanpa disentuh.

Hal ini tentu sangat menjengkelkan penggunanya, karena saat akan menulis sesuatu yang diinginkan ternyata tidak bisa dilakukan gara-gara tulisan bergerak sendiri. Sebaiknya smartphone Anda jangan dulu bawa ke tempat service sebelum melakukan hal-hal ini.

Berikut cara mengatasi tulisan gerak sendiri pada smartphone :

Pertama, Restart smartphone Anda. Jika ada kendala seperti itu salah satu solusinya adalah dengan cara me-restart smartphone ini. Bisa saja hal tersebut karena ada aplikasi yang tidak berjalan dengan sempurna.

Kedua, Mendiamkan smartphone beberapa saat. Kalau smartphone di restart belum bisa mengatasinya, mungkin saja karena smartphone mengalami overheat atau panas berlebih. Salah satu terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah mendiamkan smartphone antara 10-15 menit di tempat yang sejuk. Dengan demikian smartphone Anda bisa beristirahat sejenak dan suhu smartphone akan normal kembali.

Ketiga, Membersihkan layar. Salah satu cara untuk mengatasi tulisan bergerak sendiri adalah dengan cara membersihkan layarnya karena kemungkinan kaca smartphone tersebut dalam kondisi kotor. Jadi jika smartphone Anda mengalami ghost touch maka cobalah bersihkan layar dengan menggunakan cairan dan lap khusus smartphone.

Keempat, Mengganti charger. Charger bisa membuat layar smartphone bergerak sendiri. Oleh karena itu jika terjadi ghost touch maka solusinya adalah mengganti charger dengan charger yang lain yang satu tipe atau sesuai dengan portnya.

Kelima, Mengupdate firmware pada smartphone. Banyak pengguna smartphone yang jarang mengupdate firmware pada s08martphonenya. Karena firmware terbaru bisa berpengaruh kepada kinerja smartphone. Salah satunya adalah smartphone bisa mengalami ghost touch. Sehingga, jika smartphone kalian layarnya bergerak sendiri tanpa disentuh, coba saja untuk meng-update firmware dari smartphone Anda.

Keenam, Mematikan pilihan force GPU rendering. Salah satu penyebab ghost touch adalah faktor force GPU rendering yang aktif pada mode pengembang. Biasanya hal ini sudah diaktifkan ketika smartphone baru dibeli. Sebaiknya smartphone Anda dinonaktifkan dengan menyalakan USB debugging ketika menghubungkan smartphone ke PC. Jika sudah dinyalakan, pilih force gpu rendering dan nonaktifkan.

Ketujuh, Mengalibrasi touch screen. Kalibrasi ini dilakukan untuk memeriksa apakah layar sedang dalam kondisi rusak atau tidak. Biasanya dengan cara ini cukup berhasil untuk membuat layar tidak bergerak sendiri dan lebih responsif. Anda bisa mendownload aplikasi tambahan pada Play Store, seperti dikutip dari Boombastis.com (08/06/2018)

Itulah cara mengatasi ghost touch atau tulisan atau layar bergerak sendiri. Tetapi jika semua cara tersebut tidak berhasil, berarti smartphone Anda harus ganti layar sentuhnya.

Penulis : Didno