Festival Pesisir Indramayu 2017

Jalurpantura.com - Bertempat di Rumah Berdikari Karangsong hari ini (17/7) Camat Indramayu bersama jajaran Pertamina RU 6 Balongan melepas karnaval Festival pesisir Indramayu 2017 yang di ikuti oleh kelompok kelompok binaan Pertamina.

Dalam sambutannya camat Indramayu Drs. Sugeng Heryanto, MSi mengatakan pihaknya menyambut baik akan terlaksananya kegiatan ini sebab menurut beliau dengan banyaknya event event yang positif ini di harapkan akan tumbuh rasa peduli masyarakat terhadap lingkungan sekaligus berharap ada imbas positif terhadap sektor pariwisata yang sekarang ini sedang di kembangkan Pemkab Indramayu .

Festival pesisir ini sebenarnya adalah kegiatan mahasiswa UGM yang sedang melaksanakan KKN di Karangsong bekerja sama dengan Rumah Berdikari Karangsong, TBM Lentera Hati Karangsong, Sanggar Asem Gede Losarang, kelompok kelompok binaan Pertamina dan pihak Pertamina sendiri sebagai pihak yang selama ini konsisten membina dan mengembangkan potensi yang ada di sekitar kilang operasinya dengan tema menjaga lingkungan pesisir yang berkelanjutan dengan di bingkai dalam pentas budaya dan karnaval .

Dalam Festival ini juga ditampilkan salah satu jenis  tarian topeng yang menurut pemilik sanggar Asem Gede Losarang merupakan satu satunya yang ada di Indramayu yakni Tari topeng Samba Abang yang merupakan peninggalan dari maestro tari topeng Almarhum Mama Carpan dari Losarang sehingga di namakan Tari topeng samba Abang Losarangan.

Dalam kesempatan terpisah ketika Redaksi menanyakan kepada H. Daniel Mutaqien Safiudin tentang kegiatan yang ada di karangsong ini, beliau menyambut baik dan akan mengawal kebijakan kebijakan yang berhubungan langsung dengan masyarakat pesisir seperti yang sudah dilakukan ketika program pembangunan pelabuhan perikanan Karangsong yang sekarang telah menjelma sebagai salah satu pelabuhan perikanan terbesar di Indonesia.

sebagai anggota DPR RI yang mewakili suara pantura tentu saya punya kewajiban dalam hal ini terkait dengan keberadaan Kilang Pertamina saya akan mengawal dan mengawasi peran perusahaan tersebut terhadap kesejahtraan masyarakat yang ada di sekitar Kilang operasinya" katanya mengakhiri pembicaraan tersebut. (Foto Harry King)