Dampak Positif dan Negatif Adanya Bandara Udara Internasional Jawa Barat

Jalurpantura.com - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) baru saja diresmikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (24/05/2018) yang diawali dengan pendaratan pesawat kepresidenan dan penyemprotan water salute ke badan pesawat kepresidenan tersebut.

Adanya Bandara Internasional Jawa Barat yang terletak di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka tersebut akan membawa perubahaan dan dampak baik dampak positif maupun dampak negatif akibat dari adanya bandara tersebut.

Berikut ini dampak positif dan negatif adanya Bandara Internasional Jawa Barat

Dampak Positif

Perjalanan Lebih Cepat. Dengan adanya bandara ini akan membantu warga Majalengka, Cirebon, Kuningan, Indramayu, Sumedang dan sekitarnya akan membantu mempercepat transportasi melalui udara baik di wilayah Indonesia maupun ke luar negeri.

Menciptakan lapangan kerja baru. Dengan adanya BIJB maka tenaga kerja yang dibutuhkan untuk operasional bandara sangat banyak jumlahnya bahkan bisa berjumlah ribuan orang. Maka secara tidak langsung akan menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat Majalengka dan sekitarnya.

Meningkatnya Jumlah Wisatawan. Dengan adanya bandara Kertajati tersebut maka akan berdampak positif dengan meningkatnya wisatawan ke daerah-daerah yang ada di sekitarnya seperti Cirebon, Kuningan dan Indramayu. Oleh karena itu daerah-daerah yang ada di sekitarnya harus siap menghadapi kunjungan wisatawan dari berbagai daerah dan negara lain.  

Meningkatkan Investasi. Dengan adanya bandara otomatis akan meningkatkan investasi di daerah sekitar Bandara. Investasi tersebut masuk ke berbagai sektor seperti sektor pariwisata, industri dan lain sebagainya.

Embarkasi Haji dan Umroh. Bagi warga Jawa Barat terutama di beberapa kabupaten dan kota di sekitar Majalengka seperti Cirebon, Kuningan, Indramayu, Sumedang, Banjar, Pangandaran, Ciamis akan menggunakan bandara ini untuk embarkasi haji dan umroh tahun 2019.

Dampak Negatif

Alih fungsi Lahan pertanian. Dengan dibangunnya bandara tentu lahan pertanian akan semakin berkurang, selain itu dampak banyak lahan pertanian yang berubah fungsi setelah adanya bandara seperti pembangunan hotel, restoran atau tempat makan di sekitar bandara.

Penyalahgunaan Narkoba. Setiap bandara pasti akan menemukan berbagai masalah salah satunya adalah penyelundupan narkoba, dan minuman keras. Ini harus diantisipasi oleh masyarakat sekitarnya terutama memperkuat keimanannya.

Bising. Dengan adanya bandara, masyarakat yang ada di sekitar bandara akan merasakan kebisingan begitu juga dengan petani yang mengelola lahan pertanian di sekitar bandara.

Itulah dampak positif dan negatif adanya Bandara Internasional Jawa Barat. Semoga dampak positifnya lebih besar dari dampak negatifnya.

Penulis : Didno

Foto : Setpres