Cipali Macet Lalu Lintas Dialihkan Ke Jalur Pantura

Jalurpantura.com – Lalu lintas di jalan tol Cipali (Cikampek Palimanan) hari Jumat (23/06/2017) mencapai puncaknya. Berdasarkan pantau Jalurpantura.com kondisi lalu lintas sudah merayap dari Tol Jakarta  - Cikampek tepatnya dari daerah Bekasi hingga ke Palimanan Cirebon.

Kemacetan ini diakibatkan karena banyaknya pemudik yang menggunakan jalan tol hingga mencapai 83 ribu kendaraan berdasarkan data Departemen Perhubungan Darat. Mereka menggunakan jalan tol untuk menuju ke kampung halamannya masing-masing. Selain itu ada beberapa kecelakaan yang terjadi sepanjang jalan tol dari Jakarta menuju ke Cikampek.

Kemacetan ini juga diperparah karena banyaknya pemudik yang berhenti di rest area. Sehingga pihak Jasa Marga beserta pihak Kepolisian melakukan buka tutup di beberapa rest area termasuk di Km 130 Tol Cipali perbatasan Subang – Indramayu.

Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi yang ingin beristirahat harus mencari tempat istirahat lainnya karena rest area sangat penuh sesak oleh pemudik. Bahkan tidak sedikit pengemudi yang beralih menuju ke jalur lain untuk sekedar istirahat sebelum masuk kembali ke jalan tol.   

Untuk mengurai kemacetan di Jalan tol Cipali, pihak Jasa Marga dibantu Kepolisian mengalihkan arus lalu lintas ke jalur pantura selepas pintu tol Palimanan. Keputusan ini dikarenakan padatnya pemudik yang melintasi jalan tol Cipali.

Sedangkan arah sebaliknya yakni Palimanan menuju Jakarta terlihat sangat lancar, pengendara bisa memacu kendaraannya di atas 70 km/jam. Tapi pengemudi dihimbau agar tetap menjaga kecepatannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (DDO).