Barack Obama Mudik Ke Indonesia

Jalurpantura.com – Tidak hanya masyarakat Indonesia yang mengadakan mudik tetapi mantan Presiden Amerika Serikat ke-44 yakni Barack Obama dijadwalkan akan mudik ke Indonesia. Pria kelahiran 4 Agustus 1961 itu rencananya akan tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Jumat sore ini pukul 17.55 Wita (23/06/2017).

Pihak bandara melakukan persiapan khusus menyambut kedatangan Obama dan keluarganya dengan memberikan skala prioritas pada penerbangan mantan Presiden Amerika Serikat tersebut. Namun, mereka menjamin operasional bandara berjalan normal tanpa ada penutupan sementara.

"Tidak ada penutupan sementara bandara, kami sudah koordinasi dengan tim advance dari Amerika Serikat, tidak ada masalah karena kami ingin menghormati juga karena mereka ingin santai berlibur," ujar Komandan Pangkalan Udara Ngurah Rai Kolonel (Pnb) Wayan Superman.

Menurut Wayan Superman seperti dikutip dari Antara, Jumat (23/6/2017), Barack Obama dan keluarga dikabarkan akan menggunakan pesawat jet carter Gulfstream G-V N50JE. Pesawat Gulfstream G-V N50JE adalah pesawat jarak jauh yang diproduksi oleh Gulfstream Aerospace. Pesawat Jet ini dapat terbang hingga ketinggian 51 ribu kaki dan mampu terbang dengan jarak sejauh 12.000 kilometer.

Gulfstream G-V N50JE merupakan pesawat buatan tahun 1999 yang dapat mengangkut hingga 20 kru dan penumpang. Jet tersebut dilengkapi dua mesin turbofan yang diproduksi oleh BMW dengan model Rolls-Royce BR710.

Setibanya di Ngurah Rai, Barack Obama dan keluarga nantinya akan keluar melalui pintu yang sebelumnya digunakan oleh rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud. Pesawat ditumpangi keluarga Obama, G-V N50JE, bertolak dari Guam, pulau kecil di bagian barat Samudera Pasifik yang masih merupakan teritorial Amerika Serikat.

Seperti kita ketahui bahwa Barack Obama pernah tinggal di Indonera yakni SD Santo Fransiskus Asisi di Tebet selama tiga tahun. Lalu pindah ke SD Negeri Menteng 1 atau SD Besuki di Menteng hingga umur 10 tahun.

Ayah tiri Barack Obama adalah Lolo Soetoro Mangunharjo yang berprofesi sebagai seorang topografi yang menikah dengan ibunya Barack Obama bernama Ann Dunham pada tahun 1965. Ann Dunham dan Barack Obama mengikuti Soetoro ke Indonesia pada saat usia Obama berusia 6 tahun, seperti dikutip dari Wikipedia.org. (Didno/Foto : Newsweek.com)