6 Negara yang Terancam Hilang dari Peta Dunia

Jalurpantura.com - Beberapa negara terancam hilang dari peta dunia. Negara-negara tersebut hilang karena berbagai sebab diantaranya adalah pemanasan global yang membuat air laut semakin tinggi dan menenggelamkan beberapa daratan dari suatu negara.

Selain itu ada juga beberapa negara yang akan terhapus dari peta akibat konflik geopolitik. Hal ini terjadi karena berbagai konflik yang terjadi di negara tersebut. Salah satu negara yang sudah hilang dari peta adalah negara Yugoslavia yang hilang sejak tahun 1991 silam karena pergolakan politik di negara tersebut.

Dari sekian banyak negara, ada beberapa negara yang terancam hilang dari peta dunia. Berikut 6 negara yang terancam hilang dari peta dunia :

  1. Haiti. Gempa bumi 2009 membuat ekonomi Haiti berantakan dan menjadikannya sebagai salah satu negara termiskin di dunia. Haiti terancam hilang dari peta dunia karena konflik antar penduduk, kemiskinan dan bencana alam.
  2. Belanda. Negara ini terancam hilang dari peta dunia karena daratan lebih rendah dari permukaan laut. Negara ini pernah mengalami bencana banjir pada tahun 1953 yang menenggelamkan wilayah selatan Belanda. Negara ini juga terancam tenggelam akibat badai Katarina.
  3. Taiwan. Negara yang memerdekakan diri dari China pada tahun 1949 tetapi pada Sidang Umum PBB Oktober 1971 tidak diakui dalam sidang tersebut. Dunia lebih menyukai prinsip One-China atau China Satu dibandingkan dengan adanya negara lain.
  4. Kiribati. Negara ini diperkirakan akan tenggelam karena pemanasan global. Negara ini diprediksi akan hilang dari peta pada tahun 2115. Sehingga negara ini membeli lahan di Fiji untuk area pengungsian.
  5. Palestina. Negara yang sering terjadi konflik ini memang bukan anggota resmi PBB, tetapi negara ini terus mendapatkan kemerdekaan dari Israel. Saat ini di Palestina tepatnya di Masjidil Aqso umat muslim dilarang beribadah di dalam masjid. Mereka menolak masuk karena terdapat metal detector di dekat masjid. Aneksasi Israel telah membuat negara ini semakin kecil dan juga bisa hilang dari peta.
  6. Korea Utara. Negara ini hanya unggul dalam kekuatan militer, negara ini diprediksi akan berdamai dan bersatu dengan negara Korea Selatan.

Itulah beberapa negara yang terancam hilang dari peta dunia. (Ddo/Foto Liputan6.com)