5 Tips Agar Anak Semangat Sekolah Setelah Libur Panjang

Libur akhir semester atau libur panjang adalah waktu yang yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Namun, ketika waktu libur panjang ini usai, biasanya semangat anak-anak mulai menurun karena mengetahui sudah saatnya masuk sekolah.

Hal ini sangat wajar terjadi pada setiap usia dan dikenal dengan istilah sindrom pascaliburan. Kondisi ini terkadang membuat bingung orangtua karena anak cenderung malas memulai ke sekolah.

Hal yang paling sulit untuk dihadapi orangtua adalah anak malas dan susah bangun pagi, atau menjadi uring-uringan sepanjang hari. Kedua gejala menjelang waktu masuk sekolah ini berkaitan erat dengan gangguan psikosomatis.

Menurut penjelasan dr. Dyah Novita Anggraini, dari klikdokter, gangguan psikosomatis ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh faktor psikologis. Sebenarnya, gangguan ini dapat dihindari jika selama liburan Anda menerapkan beberapa aturan untuk anak. Apa saja aturan-aturan tersebut?

1.    Membuat tema liburan yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah

Anda dapat merancang tema liburan yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah. Misalnya, dengan pergi ke tempat-tempat bersejarah. Selain seru, ini juga dapat membuat anak lebih berwawasan.

2.    Membiasakan anak untuk tetap bangun pagi saat libur

Libur sekolah merupakan waktu bebas anak-anak untuk bangun siang dan bermain. Namun, untuk menghindari kebiasaan bangun siang, sebaiknya Anda tetap membangunkan anak pada pagi hari saat liburan.

3.    Menghindari anak tidur larut pada malam hari

Jangan biarkan anak bermain sampai larut malam saat waktu libur. Ini akan membuatnya terbiasa untuk tidur larut dan bangun siang keesokan harinya.

Jika ini terjadi, akan membutuhkan waktu satu minggu untuk mengembalikan anak ke rutinitas normal sebelum liburan. Repot, bukan?

4.    Membiasakan anak untuk tetap membaca buku saat berlibur

Berikanlah anak buku-buku yang menarik selama liburan. Kemudian, dorong ia untuk membaca buku-buku tersebut hingga selesai. Hal ini akan membuatnya rajin membaca, baik pada waktu libur maupun sekolah.

5.    Menyiapkan perlengkapan sekolah baru menjelang masuk sekolah

Menjelang masuk sekolah, ajaklah anak untuk membeli dan memilih perlengkapan sekolah yang baru. Cara ini diharapkan dapat membuat anak lebih semangat untuk bersekolah.

Semoga 5 tips di atas dapat membuat anak lebih semangat sekolah libur panjang sekolah. [tosu]