4 Tips Sederhana Menghemat Baterai Smartphone

Dengan makin berkembangnya teknologi smartphone, semakin besar pula konsumsi power yang dibutuhkan sebuah smartphone untuk menjalankan semua fitur dan fungsi yang dimilikinya dengan maksimal. Namun begitu, beragam inovasi juga dihadirkan tiap vendor untuk mengatasi borosnya performa baterai.

Berapa kali Anda ngecas HP dalam sehari? Pastinya lebih dari satu kali, karena Anda tak pernah lepas dari smartphone. Iya kan? Nah pernah nggak Anda mengalami, baterai smartphone boros secara tiba-tiba tidak seperti biasanya?

Jika iya, berikut adalah 4 tips sederhana menghemat baterai smartphone

  1. Aktifkan ‘Low Power Mode’

    Langkah awal dalam melakukan penghematan konsumsi baterai adalah dengan mengaktifkan fitur Battery Saver, yang di tiap-tiap smartphone memiliki nama dan pengaturan berbeda-beda. Ada yang Cuma menawarkan fitur standar, ada yang lebih expert.
  1. Lakukan Update Secara Rutin

    Setiap aplikasi yang terpasang di smartphone, pastinya akan rutin menghadirkan update atau pembaharuan. Dan jika smartphone Anda mendapatkan notifikasi pembaharuan aplikasi, sebaiknya lakukan segera update aplikasi tersebut.
  1. Jangan Aktifkan Mode Auto-brightness Layar

    Biasanya, pengguna ponsel kurang memperhatikan hal yang satu ini. Karena dianggap sepele, mode kecerahan layar otomatis kerap selalu diaktifkan ketika pertama kali menggunakan smartphone. Dengan mengaktifkan mode ini baterai justru malah akan lebih terkuras. Hal ini karena sensor cahaya yang ada di bagian atas ponsel akan secara terus menerus mencari dan mendeteksi intensitas cahaya yang ada di sekitar pengguna. Karena terus menerus bekerja, otomatis akan menyedot baterai lebih banyak.
  1. Matikan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Sistem operasi Android umumnya menawarkan kemudahan dan kenyamanan untuk menikmati semua fitur yang tersedia. Meskipun Anda sering bergonta-ganti smartphone, semua kemudahan dan kenyamanan tersebut tetap bisa dinikmati. Yang penting, Anda telah melakukan singkronisasi akun dan data secara otomatis.

Namun, penggunakan fitur singkronisasi otomatis ini kerap membuat baterai smartphone jadi bertambah boros. Hal ini karena setiap kali melakukan proses singkronisasi, akses data yang sudah barang tentu menyedot daya baterai ekstra besar akan terus terjadi.

Alangkah baiknya Anda mengganti fitur tersebut dengan melakukan backup dan singkronisasi data secara manual, termasuk untuk mengecek email (surel). [tosu]